Berita HIGHVAL

 

 
 

HIMAGRI’S High Festival (HIGHVAL) 2022, Momentum Peningkatan Kreativitas dan Gagasan Mahasiswa Di Era Society 5.0

Himpunan Mahasiswa Agribisnis Pertanian (HIMAGRI) tahun ini mengadakan acara tahunannya yang tergabung menjadi satu nama yaitu “HIMAGRI’S High Festival (HIGHVAL) yang diselenggarakan secara virtual. Acara ini meliputi 4 kegiatan yaitu webinar BMC, webinar kepenulisan, lomba karya tulis ilmiah, dan lomba business plan yang bertujuan untuk mengasah, dan mengembangkan potensi mahasiswa se-Indonesia.

Proses panjang harus dilewati oleh para peserta mulai dari seleksi administratif, pengumpulan abstrak/pengumpulan BMC, seleksi full paper hingga tahapan final. Babak final sendiri berlangsung via Zoom pada Sabtu (24/09) untuk LKTI dan Minggu (25/09) untuk Business Plan, di mana proses tanya jawab oleh juri dan peserta dilangsungkan setelah penayangan video presentasi yang sebelumnya dikirim oleh peserta. Tahapan penyeleksian sendiri, pihak penyelenggara HIGHVAL menghadirkan juri dari Fakultas Pertanian UTM.

Tema yang diusung pada HIGHVAL tahun ini adalah "Peran Generasi Z dalam Pemanfaatan Teknologi untuk Wujudkan Pertanian Modern di Era Society 5.0".

Peradaban di dunia semakin baru,pengetauan teknologi semakin berkembang. Hal ini membuat negara-negara maju memikirkan bagaimana cara agar masyarakat lebih maju hidup berdampingan dengan teknologi. Pada Society 5.0 masyarakat tidak perlu repot-repot lagi dalam melakukan sesuatu yang dianggap sulit. Tujuan era Society 5.0 adalah untuk mewujudkan masyarakat dimana orang menikmati hidup secara maksimal. Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi adalah tujuan utama, dan bukan untuk kemakmuran segelintir orang terpilih. Pada bidang pertanian memiliki potensi besar dalam mewujudkan pertanian modern yang menggunakan teknologi yang canggih dan terkini. Melihat permasalahan tersebut maka dari itu diadakan HIMAGRI'S High Festival (HIGHVAL) 2022 yang mana diharapkan mahasiswa dapat berkompetisi melalui karya tulis dan membuat poster dengan mengusung sebuah ide atau gagasan. Kegiatan ini memberikan wadah serta dapat menumbuhkan jiwa kompetitif pada mahasiswa agar dapat bersaing di tingkat nasional

Berdasarkan ketetapan juri, maka terpilihlah 3 tim terbaik yang dinobatkan menjadi juara di masing-masing lomba, antara lain dari tim BIOLPA dari Universitas Airlangga sebagai Juara I, tim  SOBAT TAMBAK dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Juara II serta DORAEMON dari Universitas Indonesia sebagai juara III. Untuk Business Plan dengan nama tim AKSELERASI TANI dari Universitas Telkom sebagai juara I, tim IEFFABLE dari Universitas Trunojoyo Madura sebagai juara II serta SONIX dari Universitas Trunojoyo MaduraYang diumumkan pada Grand Closing Minggu (02/10) melalui Zoom.


Penulis:  LITKEL2022

Editor: INFOKOM2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL YADNYA KASADA

Tumbilotohe Tradisi Lebaran Suku Gorontalo

PEMBAGIAN KELOMPOK GEMPITA 2023