INFOGRAFIS

 Pemanfaatan Limbah Ikan Tuna

    Sektor perikanan memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu jenis sumber daya ikan yang memiliki potensi besar di Indonesia adalah dari kelompok ikan pelagis salah satunya yaitu ikan tuna. Sumber daya ikan tuna dikatakan memiliki nilai ekonomis penting dan banyak tersebar hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia. Nilai ekonomis yang dimiliki ikan tuna menjadikannya sebagai komoditas utama dari sub sektor perIkanan (Firdaus, 2019).

    Ikan tuna memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan tubuh. Kadar rendah lemak dan kalori yang kaya akan protein serta omega-3 membuat ikan tuna menjadi sangat diminati. Terlebih lagi ikan tuna merupakan salah satu produk ikan yang paling aman dijangkau. Peningkatan nilai produksi ikan tuna yang terus bertambah dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa ikan tuna memiliki nilai yang cukup tajam. Peningkatan volume produksi tersebut juga akan meningkatkan volume limbah hasil industri pengolahan tuna.

    Limbah yang dihasilkan ikan tuna yaitu tulang ikan dan kulit ikan. Pemanfaatan limbah tulang ikan tuna sebagai sumber kalsium merupakan salah satu alternatif dalam rangka menyediakan sumber pangan kaya kalsium sekaligus mengurangi dampak buruk pencemaran lingkungan akibat dari pembuangan limbah industri pengolahan tuna. Biasanya tulang ikan tuna diolah menjadi tepung tulang ikan. Tepung tulang ikan diduga akan menghasilkan penyerapan kalsium lebih besar, jika tepung difortifikasi ke dalam bahan makanan yang lain terutama yang kandungan asam amino lisin dan arginin, laktosa tinggi disertai asupan vitamin D yang seimbang (Trilaksani et al., 2006).

    Limbah kulit ikan tuna juga dimanfaatkan karena memiliki nilai jual yang tinggi apabila diolah. Hal tersebut dikarenakan kulit ikan tuna ternyata mengandung protein yang tinggi sekitar 37,32%. Padahal selama ini banyak masyarakat hanya berfikir bahwa kulit ikan tuna yang biasanya jadi limbah ternyata dapat diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi tinggi. Biasanya kulit ikan tuna diolah menjadi kerupuk kulit. Kerupuk kulit ikan tuna memiliki manfaat diantaranya adalah dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjaga agar tetap normal, meningkatkan kadar kolesterol HDL serta menjaga rasio yang baik antara HDL dan kolesterol berbahaya LDL (Pade et al., 2021).

DAFTAR PUSTAKA

Firdaus, M. (2019). Profil Perikanan Tuna Dan Cakalang Di Indonesia. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 4(1), 23. https://doi.org/10.15578/marina.v4i1.7328

Pade, S. W., Mutsyahidan, A. M. A., & Irawan, F. (2021). Pemanfaatan Limbah Kulit Ikan Tuna Menjadi Kerupuk. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 4(1), 1–3. https://doi.org/10.30869/jag.v4i1.731

Trilaksani, W., Salamah, E., & Nabil, M. (2006). Pemanfaatan Limbah Tulang Ikan Tuna (Thunnus Sp.) sebagai Sumber Kalsium dengan Metode Hidrolisis Protein. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 9(2), 34–45.

Penulis: LITKEL 2022

Editor: INFOKOM 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL YADNYA KASADA

Tumbilotohe Tradisi Lebaran Suku Gorontalo

PEMBAGIAN KELOMPOK GEMPITA 2023